Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

VST (Virtual Studio Technology)

Sesuai dengan namanya, VST yakni merupakan singkatan dari Virtual Studio Technology.

Secara gampangnya VST merupakan instrumen digital yang bisa berupa versi digital dari sebuah alat musik, maupun alat untuk me mixing / mastering sebuah file audio (musik).

Terdapat banyak sekali VST plugin baik yang bersifat free / gratisan, dan banyak juga yang berbayar. Tentunya untuk VST berbayar biasanya memiliki banyak kelebihan dalam berbagai fitur yang ditawarkan.

Ada banyak sekali VST yang bekerja sebagai plugin yang bisa langsung dimainkan pada software DAW (Digital Audio Workstation).

Sebagai contoh pada produk dari DSK terdapat banyak sekali VST Plugin yang berupa alat musik seperti: gitar (baik akustik ataupun elektrik), saxophone, dan lain sebagainya.

Pada contoh lain misalkan produk dari Ample, terdapat vst yang berupa alat musik seperti Bass, Gitar Elektrik, Gitar Akustik, dan lain sebagainya. Sebagai gambaran, selain menjual VST berbayar dengan kualitas yang sangat bagus, Ample juga membuat produk vst free yang menurut saya sudah sangat mumpuni untuk digunakan.

virtual studio technology
ilustrasi: alat music (source: pixabay)

Demikian, semoga artikel sederhana mengenai "VST (Virtual Studio Technology)" ini dapat bermanfaat bagi teman-teman yang sedang mencari tahu mengenai apakah itu VST.

Salam,
edi.my.id
desain, audio, video, etc

Posting Komentar untuk "VST (Virtual Studio Technology)"