Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aneka Software untuk Mixing dan Mastering Audio

Aneka Software untuk Mixing dan Mastering Audio baik yang bersifat free ataupun yang berbayar, tersedia sangat banyak sekali di internet. Masing-masing mempunyai karakteristik dan kelebihannya masing-masing.

Hasil rekaman yang belum di mixing, akan terasa kurang balance apabila di dengar. Sedangkan untuk proses mastering dimaksudkan untuk lebih memperjelas detail dari audio agar musik yang diracik dapat lebih tersampaikan di telinga pendengarnya.

ilustrasi Audio Mixing | Photo by Jason Mowry on Unsplash


Berikut akan kita bahas sepintas mengenai aneka software untuk mixing dan mastering audio.

1. Fabfilter
merupakan software atau plugin berbayar yang telah diakui sebagai tools mumpuni untuk proses mixing ataupun mastering audio. Untuk pembelian dan informasi lebih lengkap bisa dilihat pada situs resminya di : https://www.fabfilter.com/

2. Bawaan DAW (FL Studio)
Kebetulan saya adalah pengguna FL Studio, jadi perlahan akan kita bahas (sebisa saya) mengenai tools yang saya gunakan untuk memixing ataupun mastering menggunakan DAW FL Studio

a. Maximus
Secara mudah, plugin ini sering saya gunakan untuk sekedar mempertebal dari suara. Misalnya agar bass, atau kick lebih terdengar. Ataupun suara lain yang perlu di pertebal suaranya.

b. Reverb
Memberikan efek seperti di bawah air, menggaung, ataupun menggema dengan menambahkan efek delay pada reverb tersebut.

c. EQ
Kurang lebih memberikan suasana peletakan suara, mau ditaruh di sebelah mana suara dari instrumen tersebut akan muncul. Misalnya di sebelah kanan, kiri, depan, menyeluruh. Menonjolkan ataupun mengurangi suara seperti Bass, Treble, dan lain sebagainya.

3. Izotope Ozone
Juga merupakan plugin berbayar yang sudah sangat diakui sebagai software / plugin mumpuni untuk digunakan mixing ataupun mastering audio.

-- halaman ini akan diupdate secara berkala (kalau sempat) --

Secara umum, ketiga plugin bawaan FL Studio diatas lah yang paling sering saya gunakan untuk menambahkan suasana dalam racikan musik yang saya buat.

Demikian, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman pemula yang sedang mencari informasi terkait "Aneka Software untuk Mixing dan Mastering Audio".

Salam,
Edi.My.Id
desain, audio, video, etc
musik hiburan pernikahan
undangan murah di solo

Posting Komentar untuk "Aneka Software untuk Mixing dan Mastering Audio"