Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ilustrasi Perbedaan Rekaman Audio Mentah, Mixing, dan Mastering

Seringkali dalam dunia rekaman khususnya pada kegiatan home recording, kita juga perlu melakukan proses mixing dan mastering audio agar terdengar lebih enak didengar dan mempunyai kualitas yang kurang lebih sama dengan audio rekaman profesional.

Nah, berikut merupakan ilustrasi sederhana yang sangat mudah dipahami mengenai perbedaan rekaman audio yang telah melewai proses mixing dan mastering.

perbedaan rekaman audio mentah, mixing, dan mastering
Ilustrasi Perbedaan Rekaman Audio Mentah, Mixing dan Mastering

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, entah masuk dalam kategori humor atau hiburan semata, saya rasa justru akan memudahkan pemula untuk mengerti bahwasannya kenapa kita perlu untuk melakukan proses mixing dan mastering dari lagu yang telah kita rekam.

Hal tersebut tentunya dimaksudkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal agar lagu yang telah kita rekam lebih enak di dengar dan mempunyai kualitas yang mendekati lagu yang direkam secara profesional seperti halnya lagu-lagu mainstream yang seringkali kita dengar di media-media seperti halnya radio, maupun televisi.

Demikian, semoga sedikit artikel sederhana ini dapat dengan mudah memberikan informasi mengenai ilustrasi perbedaan rekaman audio mentah, mixing, dan mastering.

Salam,
Muhammad Edi Sutanto

---
sumber gambar: *internet

Posting Komentar untuk "Ilustrasi Perbedaan Rekaman Audio Mentah, Mixing, dan Mastering"